Recent Posts

http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=7235447792000988684#template/src=dashboard

Thursday 6 December 2012

Pemerintah Australia Puji Pemotor

 
Sydney - Bila di Indonesia sepeda motor dianggap sebagai biang keladi kemacetan, namun di benua Kanguru, pemerintah Australia memuji para pemotor karena dianggap lebih ramah lingkungan dibanding mobil.

Pemerintah Australia memuji para pengendara sepeda motor karena dianggap tidak terlalu mencemari lingkungan kota.

Dalam laporan tahunan pemerintah, keadaan 18 kota di Australia dianggap membaik.

Hal itu dikarenakan ada 700.000 pengendara sepeda motor dan skuter yang menghasilkan emisi yang lebih rendah dari pengendara mobil, serta tidak mengambil banyak ruang di jalan-jalan dan mengurangi tekanan pada area parkir kota.

"Keuntungan utama dari sepeda motor dan skuter dalam sistem transportasi perkotaan adalah bahwa mereka sangat efisien di sisi ruang pada saat kemacetan sekarang menjadi masalah kritis dalam kota," tulis laporan tersebut seperti detikOto dari news.com.au.

Selain itu, ketika macet, lima motor bisa menempati satu ruang yang biasanya digunakan hanya oleh satu mobil.

Ketua Dewan Motor Australia Shaun Lennard mengatakan kalau laporan ini adalah adalah perubahan pandangan pemerintah yang drastis. Padahal meningkatnya populasi motor sebelumnya dianggap sebagai sebuah kegagalan pembangunan.

Dalam laporannya, Menteri Transportasi Australia Anthony Albanese mengatakan kalau keuntungan dari roda dua bisa terlihat di banyak kota besar di dunia seperti di Italia yang penuh sesak dengan motor.

Namun di Australia --seperti halnya di Indonesia-- sepeda motor hanya dibicarakan tentang keselamatan di jalan.

"Hal ini dapat mengaburkan fakta bahwa mereka adalah komponen penting dan berkembang dari transportasi perkotaan di saat kemacetan mempersempit waktu dan produktivitas kita," katanya.

Logis, jika akhirnya, kota-kota di Australia bisa mengikuti Eropa dengan menyarankan penggunaan motor.

Menurut Biro Statistik Australia, ada 511.966 sepeda motor di Australia pada tahun 2007. Angka itu telah tumbuh 38 persen mengejutkan menjadi 709.288 pada tahun 2012 yang menunjukkan bahwa banyak orang Australia telah berpikir hal yang sama.

Tempat parkir untuk pemotor pun semakin ramah. Di Melbourne, motor dan skuter bisa parkir gratis di jalur pejalan kaki, sementara di Canberra motor bisa parkir gratis di tempat-tempat yang memiliki pemandangan indah ke kota.

0 comments:

Post a Comment